PERAN CELEBRITY ENDORSEMENT TEHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING

Ragil Wirastri, Annisa Retno Utami

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan popularitas dari Scarlett Whitening dengan bekerjasama dengan public figure atau selebriti sebagai celebrity endorsement. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran celebrity endorsement dan pengaruhnya terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan sampel 100 orang responden melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan mengunakan Google Form. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian mengenai penggunaan celebrity endorsement pada penjualan produk scarlett whitening memperoleh nilai rata-rata kategori baik. Indikator dengan nilai tertinggi terdapat pada indikator expertise (keahlian) dan terendah terdapat pada indikator kesamaan (similarity). Untuk penilaian konsumen tentang minat beli produk scarlett whitening secara umum masuk dalam kategori cukup minat dengan nilai tertinggi pada indikator transaksional terutama pada faktor harga yang terjangkau dan kegunaan produk merawat dan memutihkan kulit wajah, sedangkan indikator terendah terdapat pada indikator minat eksploratif artinya konsumen akan cenderung mencoba secara langsung produk scarlett whitening dibandingkan mencari informasi tentang sifat-sifat positif dari produk tersebut. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan mengenai celebrity endorsement terhadap minat beli konsumen produk scarlett whitening.

Keywords


Celebrity Endorsement, Konsumen, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Damayanti, R., Husen, Z., & Mesar, Z. S. H. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening pada Produk Skincare Emina. Jurnal Mitra Manajemen, 5(6), 390-398.

Mubarok, Dadan Abdul Aziz (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3 (1)

Napoleon Cat, (2021). Instagram Users in Indonesia Tersedia pada (https

.napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/10/) diakses pada 02 November 2021

Rahmawati, Mia & Suci Putri Lestari (2020). Pengaruh Penggunaan Selebgram (Celebrity Endorser Instagram) Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Instagram (Survey Pengguna Aktif Sosial Media Instagram Pada Followers Akun @mia_raaa). Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 2 (2), 138-153.

Shimp, Terence A. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) Jilid I. Edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga

Shimp, Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8, Jakarta: Salemba Empat




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1300

Article Metrics

Abstract views : 1071 times
PDF views : 573 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats