WORKSHOP PENILAIAN DAMPAK LINGKUNGAN PADA IKM MENGGUNAKAN LIFE CYCLE ANALYSIS (LCA)

Uly Amrina, Raden Adriyani Oktora

Abstract


Workshop ini berisikan mengenai bagaimana cara melakukan penilaian dampak lingkungan, yang dihasilkan oleh sebuah produk di sepanjang proses produksinya. Penilaian dampak lingkungan yang dilakukan menggunakan metode life cycle analysis (LCA) dengan bantuan software Simapro. Peserta dari workshop ini yaitu para pengusaha IKM dan masyarakat umum. Saat ini, para pelaku usaha dan masyarakat belum banyak menyadari dampak lingkungan yang timbul dari produk yang dikonsumsi maupun yang dihasilkannya. Dengan adanya pelaksanaan workshop ini, diharapkan akan ada peningkatan kesadaran dan tanggungjawab lingkungan dari para pelaku usaha dan masyarakat umum. Jika para pelaku usaha dan masyarakat umum telah memiliki kesadaran serta pengetahuan mengenai penilaian dampak lingkungan, maka akan lebih mudah menciptakan industri berkelanjutan yang bermanfaat bagi generasi-generasi di masa yang akan datang. Kegiatan ini diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari IKM dan masyarakat umum. Berdasarkan hasil kuesioner kehadiran, seluruh peserta mengapresiasi kegiatan ini dan puas dengan workshop yang dilaksanakan secara daring.

Keywords


Life Cycle Analysis, Software Simapro, Industri, Kosmetik.

Full Text:

PDF

References


Achanga, P., Shehab, E., Roy, R., & Nelder, G. (2006). Critical success factors for lean implementation within smes. Journal of Manufacturing Technology Management, 17(4), 460-471.

Guilbot, J., Kerverdo, S., Milius, A., & Pomrehn, F. (2013). Life cycle assessment of surfactants: The case of an alkyl polyglucoside used as a self emulsifier in cosmetics. Green chemistry, 15(12), 3337-3354.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2021). Peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan republik indonesia nomor 1 tahun 2021 tentang program penilaian peringkat kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup. Jakarta

Reis, L. V., Kipper, L. M., Giraldo Velásquez, F. D., Hofmann, N., Frozza, R., Ocampo, S. A., & Taborda Hernandez, C. A. (2018). A model for lean and green integration and monitoring for the coffee sector. Computers and Electronics in Agriculture, 150, 62-73.

Riazi, B., Zhang, J., Yee, W., Ngo, H., & Spatari, S. (2019). Life cycle environmental and cost implications of isostearic acid production for pharmaceutical and personal care products. ACS Sustainable Chemistry & Engineering, 7(18), 15247-15258.

PRe Sustainability. (2020). Simapro database manual - methods library. In: PRé Sustainability B.V




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1299

Article Metrics

Abstract views : 222 times
PDF views : 179 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats