Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015) pada PT. China Comservice Indonesia

Syafrijal Fajri Lubis, Tatan Sukwika, Ira Mulyawati

Abstract


PT. CCSindo belum sepenuhnya menjalankan sistem dengan baik dan masih berjalan dengan cara best practice, dan masih banyak jajaran manajemen yang belum menjalankan sistem manajemen mutu dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi berjalan melalui evaluasi untuk diketahui sejauh mana tingkat keberhasilan sistem manajemen mutu yang telah dilaksanakan di PT. CCSIndo.  Penelitian dilaksanakan dengan studi deskriptif kualitatif, yang menganalisa data dengan cara mendeskripsikan gambaran yang jelas mengenai PT. CCSIndo. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari nilai implementasi tiap-tiap klausul ISO 9001:2015 rata-rata mencapai lebih dari 90%. Hasil evaluasi diketahui implementasi berjalan dengan sangat baik, namun perlu ada peningkatan pemantauan kinerja dan evaluasi terhadap penyedia eksternal yang dilakukan secara berkala. Diharapkan untuk peningkatan yang berkelanjutan terhadap kesesuaian, kecukupan dan efektivitas sistem manajemen mutu perlu dilakukan tindakan untuk menghadapi konsukuensi ketidaksesuaian dan melakukan tindakan perbaikan atas ketidaksesuaian secara tepat.

Keywords


implementasi iso; iso 9001:2015; sistem manajemen mutu

Full Text:

PDF


DOI:

https://doi.org/10.36441/jamr.v2i1.812

Article Metrics

Abstract views : 882 times
PDF views : 749 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syafrijal Fajri Lubis

View My Stats

Indexing and Abstracting

Journal of Applied Management Research is indexed and abstracted in the following databases:

 

 

Cataloging

JAMR is also available on several library catalogues:

  

 

 

Creative Commons License
Copyright ©2021 Journal of Applied Management Research (JAMR). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.