Analisis Perilaku Aman Tenaga Kerja pada PT. Meindo Elang Indah

Aswan Hery Putra, Sugiarto S. Citroatmojo

Abstract


 

ABSTRAK

 

Perilaku tidak aman di PT. Meindo Elang Indah selama tahun 2014-2018 masih terjadi fluktuatif, adapun Perilaku Aman dari tahun 2014-2018 sempat terjadi penurunan, hal ini menggambarkan bahwa terjadinya kecelakaan kerja di PT. Meindo Elang Indah disebabkan oleh perilaku pekerja yang tidak aman. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis macam-macam faktor internal, eksternal dan perilaku aman dan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor internal dan eksternal manakah yang berpengaruh terhadap perilaku aman. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Penelitian ini menggunakan pendekatan structural equation model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 143 orang tenaga kerja yang bekerja di PT. Meindo Elang Indah. Alat analisis data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan Program Komputer Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Variabel sikap, pengetahuan, pelatihan dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku aman pada tenaga kerja di PT. Meindo Elang Indah, dan (2) Variabel Persepsi, motivasi, kepatuhan peraturan, kepribadian, kepercayaan, peraturan dan kebijakan, pengawasan tidak berpengaruh signifikan terhadap PT. Meindo Elang Indah. PT. Meindo Elang Indah perlu meningkatkan sikap, pengetahuan, pelatihan dan komunikasi dengan mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) didalam kegiatan operasional perusahaan.

 

Kata kunci:  Faktor internal, faktor eksternal dan perilaku aman


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 104-125.

Alfidyani, K. S., Lestantyo, D., & Wahyuni, I. (2020). Hubungan Pelatihan K3, Penggunaan Apd, Pemasangan Safety Sign, Dan Penerapan Sop Dengan Terjadinya Risiko Kecelakaan Kerja (Studi Pada Industri Garmen Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(4), 478-483.

Astari, L. A. (2019). Hubungan Media Komunikasi K3 Dengan Pengetahuan Dan Sikap Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Karyawan Bagian Produksi. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 2(2), 105-116.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya (Vol. 18). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Hafid, M., & Hasanah, U. (2016). Persepsi Lingkungan Kerja Psikologis Terhadap Kepuasan Kerja. Journal An-nafs, 1(2).

Hamzah, A. A. (2019). Keselamatan, kesehatan kerja, dan lindungan lingkungan prioritas hulu migas. Buletin SKK Migas. Edisi September 2019

NurAini, L., & Wardani, R. S. (2018). Kepatuhan Terhadap Peraturan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Hubungannya Dengan Kecelakaan Kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(2), 26-34.

Pratama, A. K. (2015). Hubungan karakteristik pekerja dengan unsafe action pada tenaga kerja bongkar muat di PT. Terminal Petikemas Surabaya. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 4(1), 64-73.

Primadianto, D., Putri, S. K., & Alifen, R. S. (2018). Pengaruh tindakan tidak aman (unsafe act) dan kondisi tidak aman (unsafe condition) terhadap kecelakaan kerja konstruksi. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 7(1), 77-84.

Putri, R., Machasin, M., & Amsal, C. (2015). Pengaruh pengawasan, lingkungan kerja dan disiplin terhadap keselamatan kesehetan kerja PT. Indah Kiat Pulp and Paper kecamatan Tualang kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Riau University).

Retnaningsih, R. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Alat Pelindung Telinga Dengan Penggunaannya Pada Pekerja Di Pt. X. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 1(1), 67-81.

Riptono, R., As’ad, M., & Hafriansyah, M. R. (2018). Pengaruh Motivasi, Kesehatan Kerja, dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan PT. X di Bumi Serpong Damai. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 283-293.

Soehatman, R. (2010). Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja. Dian Rakyat, Jakarta.

Syarifah, D., & Adiati, R. P. (2018). Safety Performance pada Pekerja Berisiko Tinggi Ditinjau dari Kepribadian, Pengetahuan dan Motivasi Keselamatan Kerja. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 3(1), 23-30.

Zulyanti, N. R. (2013). Komitmen Kebijakan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). DIA, Jurnal Administrasi Publik, 11(2), 264–275.




DOI:

https://doi.org/10.36441/jamr.v1i1.257

Article Metrics

Abstract views : 902 times
PDF views : 790 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aswan Hery Putra

View My Stats

Indexing and Abstracting

Journal of Applied Management Research is indexed and abstracted in the following databases:

 

 

Cataloging

JAMR is also available on several library catalogues:

  

 

 

Creative Commons License
Copyright ©2021 Journal of Applied Management Research (JAMR). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.