OPINI TERHADAP PERNYATAAN – PERNYATAAN TRETAN MUSLIM DAN COKI PARDEDE TENTANG TOLERANSI BERAGAMA DAN CITRA TRETAN MUSLIM DAN COKI PARDEDE SEBAGAI ROLE MODEL TOLERANSI BERAGAMA

Alvin Dwivayoga, Herta A. Soemardjo, Mila Falma Masful

Abstrak


Di tengah isu toleransi beragama di negri ini, muncul beberapa selebriti yang kerap menyuarakan isu ini melalui postingan-postingan di media sosial, antara lain komedian Tretan Muslim dan Coki Pardede. Cara penyampaian kedua selebriti ini dalam menyampaikan pesan-pesan berkaitan dengan isu toleransi beragama mengundang kontroversi. Atas dasar pengamatan terhadap reaksi yang kontroversial terhadap postingan kedua tokoh selebriti ini, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui opini terhadap pernyataan – pernyataan dan aksi Tretan Muslim dan Coki Pardede tentang toleransi beragama dan citra mereka sebagai role model toleransi beragama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Polulasi penelitian yaitu siswi-siswa SMA Muhammdiyah 12 Jakarta, yang berjumlah 342 orang. Besar sampel ditetapkan menggunakan rumus Slovin, dan diperoleh jumlah 77 responden. Tehnik penarikan sampel dilakukan secara purposif, yaitu siswi-siswa yang mengetahui Tretan Muslim dan Coki Pardede sebagai figur yang sering menyuarakan toleransi beragama, serta mengikuti postingan-postingan mereka di youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini responden terhadap pernyataan Tretan Muslim dan Coki Pardede tentang toleransi beragama cenderung negatif, serta citra Tretan Muslim dan Coki Pardede sebagai role model toleransi beragama dinilai kurang sesuai. Berkaitan dengan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa dalam menyuarakan isu toleransi beragama, Tretan Muslim dan Coki Pardede perlu menyesuaikan pernyataanpernyataan dan aksi-aksi mereka dengan perbedaan budaya di Indonesia menghindari hal – hal yang dapat mengundang kontroversi.

Kata Kunci


Opini; Toleransi Beragama; Youtube; Citra; Role Model

Referensi


Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial:Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta:Kencana

Ardianto, Elvinaro. 2011. MetodologiPenelitian Untuk Public Relations Kuantitatifdan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

__________. 2010. Dasar-Dasar PublicRelations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifianto, S. 2018. Praktik Budaya: MediaDigital dan Pengaruhnya. Yogyakarta :Aswaja Pressindo.

Arifin, Anwar. 2011. Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi.Yogyakarta:Graha Ilmu.

__________. 2016. Ilmu Komunikasi:Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PTRajaGrafindo Persada

__________. 2010. Opini Publik.Jakarta: Pustaka Grafindo Indonesia.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baskoro, Adi. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PTTransMedia

Bungin, Burhan. 2017. Sosiologi Komunikasi.Jakarta: Kencana.

Hadiati, Nikmah. 2012. Opini Publik.Pasuruan: Lunar Jaya.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta:PT Rajawali Pers.

Hidayat, Abdul Azis Alimul dan MusrifatulUliyah. 2014. Pengantar KebutuhanDasar Manusia. Jakarta: SalembaMedika.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2013.Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Kriyantono, Rahmat. 2014. Teknik PraktisRiset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Menzies,Allan. 2014. Sejarah AgamaAgama.Yogyakarta: Forum.

Moore, Frazier. 2014. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT.Rosdakarya

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu hingga massa, edisi revisi. Jakarta:

Kencana

Nasrullah, Rulli. 2018. Media Sosial:

Perspektif Komunikasi,Budaya,dan

Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012.

Komunikasi dan Public Relation.

Bandung: Pustaka Setia.

Papalia & Feldman. 2009. Human

Development Perkembangan Manusia.

Jakarta: Salemba Humanika.

Rori Lanu. 2007. Persepsi Siswa

Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial:

Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta:Kencana

Ardianto, Elvinaro. 2011. MetodologiPenelitian Untuk Public Relations Kuantitatifdan Kualitatif. Bandung: Simbiosa RekatamaMedia

__________. 2010. Dasar-Dasar PublicRelations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifianto, S. 2018. Praktik Budaya: MediaDigital dan Pengaruhnya. Yogyakarta :Aswaja Pressindo.

Arifin, Anwar. 2011. Dakwah Kontemporer Sebuah StudiKomunikasi.Yogyakarta:Graha Ilmu.

__________. 2016. Ilmu Komunikasi:Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PTRajaGrafindo Persada

__________. 2010. Opini Publik.Jakarta: Pustaka Grafindo Indonesia.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baskoro, Adi. 2009. Panduan PraktisSearching di Internet. Jakarta: PT

TransMedia

Bungin, Burhan. 2017. Sosiologi Komunikasi.Jakarta: Kencana.

Hadiati, Nikmah. 2012. Opini Publik.Pasuruan: Lunar Jaya.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta:PT Rajawali Pers.

Hidayat, Abdul Azis Alimul dan MusrifatulUliyah. 2014. Pengantar KebutuhanDasar Manusia. Jakarta: SalembaMedika.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2013.Manajemen Pemasaran.Jakarta:Erlangga.

Kriyantono, Rahmat. 2014. Teknik PraktisRiset Komunikasi. Jakarta: Kencana.Menzies,Allan. 2014. Sejarah AgamaAgama.Yogyakarta: Forum.

Moore, Frazier. 2014. Humas MembangunCitra dengan Komunikasi. Bandung: PT.Rosdakarya

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individuhingga Massa, edisi revisi. Jakarta:Kencana

Nasrullah, Rulli. 2018. Media Sosial:PerspektifKomunikasi,Budaya,dan

Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012.Komunikasi dan Public Relation.Bandung: Pustaka Setia.

Papalia & Feldman. 2009. HumanDevelopment Perkembangan Manusia.Jakarta: Salemba Humanika.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i2.680

Article Metrics

Abstrak views : 646 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats