REPRESENTASI CITRA DESTINASI DALAM IKLAN TELEVISI

Ari Cahyo Nurgroho, Bambang Mudjiyanto

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah literaturrepresentasi citra destinasi wisata dalam iklan televisi yang dilihat melalui kacamata semiotika. Penelitian ini mengupas citra-citra yang tergambarkan pada iklan televisi destinasi wisata yang digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia di mata dunia, dengan durasi total 60 detik. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan berdasarkan teori semiotika Charles Sanders Peirce sebagai alat untuk menganalisanya dengan unit analisis berupa elemen visual, audio, dan teks pada iklan televisi. Setelah penelitian dilakukan, ditemukan bahwa iklan televisi ini merepresentasikan citra, yang setiap citranya mewakili makna yang ingin ditunjukan melalui beberapa aspek diantaranya secara visual dan audio seperti karakter pemain, aktivitas kegiatan, setting lokasi, warna, dan pencahayaan. Berdasarkan citra-citra yang telah ditemukan, iklan ini mencoba untuk merangkul calon-calon wisatawan mancanegara dengan berbagai tingkatan kelas sosial, gaya hidup, maupun jenis kelamin. Iklan ini berhasil menjadi mirror of reality yang ingin ditampilkan pada calon wisatawan mancanegara, Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah dan memesona, serta keanekaragaman budayanya yang menarik untuk dinikmati maupun dipelajari.

Kata Kunci


Representasi; Semiotika; Citra Destinasi Wisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana:Teori,Metode, dan Penerapannya

pada Wacana Media. Jakarta: Penerbit KencanaPredana Media.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata(Tourism Communication) Pemasaran dan Brand Destinasi.Jakarta: Prenadamedia Group.

Fiske, John. 2006. Cultural andCommunication Studies: Sebuah

Pengantar Paling Komprehensif.Yogyakarta: Jalasutra.

Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspectives, Processes, and Contexts. Singapore: McGrawHill Education.

Moriarty, Sandra. et.al. 2011. Advertising –Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pearson, Judy C. et.al. 2011. Human Communication 3rd Ed. Singapore: McGraw-Hill Education.

Safanayong, Yongky. 2006. DesainKomunikasi Visual Terpadu. Jakarta:Arte Intermedia.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibisono, Bayu. 2009. Stasiun TelevisiSwastaLokal Di Yogyakarta,

DoctoralDissertation, UniversitasAtma Jaya Yogyakarta.

Wibowo. Indiawan Seto Wahyu. 2013.Semiotika Komunikasi: Aplikasi

Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Penerbit Mitra

Wacana Media.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i2.677

Article Metrics

Abstrak views : 339 times
PDF views : 292 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats