ANALISIS ISI MEDIA DALAM ISU KONSERVASI SPESIES LAUT DI INDONESIA(STUDI LIPUTAN MEDIA DARING UNTUK HIU DAN PARI MANTA)

Ridzki Rinanto Sigit, Frengki Napitupulu

Abstrak


Narasi penting tentang hiu dan pari manta yang diungkapkan kepada publik seharusnya menyoroti kerentanan hiu karang di ekosistem pesisir Indonesia. Diantaranya menunjukkan, dorongan alat tangkap, perawatan sirip hiu di habitatnya, dan betapa mendesaknya perlindungan berbagai spesies hiu dan manta dari laju perdagangan saat ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Indonesia belum memberikan kontribusi yang optimal dalam peliputan konservasi hiu dan pari manta di Indonesia, karena masalah pemilihan “nilai berita” dan keterbatasan pengetahuannya. Hal ini terkait juga dengan proses pemilahan berita atau yang dikenal dengan media gatekeeping. Opsional untuk agenda masa depan narasi media perlu bertujuan untuk menelusuri rantai perdagangan hiu dan pari yang ada, dan untuk memantau penegakan hukum dan efektivitas kebijakan. Identifikasi jalur perdagangan menjadi prioritas penting, karena dengan mengetahui seluruh jalur produsen, pengumpul hingga konsumen, narasi lengkap di setiap tahap dapat ditampilkan dengan lebih baik.

Kata Kunci


Analisis Isi; Agenda Media; Hiu dan Parimanta

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Atmakusumah. 1996. Mengangkat Masalah Lingkungan ke Media Massa. Lembaga Pers Dr.Sutomo dan Yayasan Obor Indonesia,Jakarta.

Creswell, J. W. 1998. Qualitative Inquiry andResearch Design: Among Five Approch.California. Sage Publications.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi. Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu SosialLainnya. Penerbit: Kencana PrenadaMedia Group

Griffin, E.M. 2003. A First Look At Communication Theory, Fifth edition. New York, McGraw Hill

Hamad, I. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadapBerita-Berita Politik. Yayasan OborIndonesia.

Haryanto. 2003. Metode Penelitian Komunikasi: Agenda Setting. Surakarta: FISIP ProgramStudi Komunikasi Massa UNS.

Jenkins, H. 2006. Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New YorkUniversity Press.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2008. TeoriKomunikasi. Penerbit

Salemba Empat.

Mc Quail, Denis, 2001. Teori Komunikasi Massa, Suatu

Pengantar, edisi kedua, PenerbitErlangga.30

Rencana Aksi Nasional (RAN) Konservasi dan Pengelolaan Hiu dan Pari 2016 – 2020. 2015.Direktorat Jenderal Pengelolaan RuangLaut Kementerian Kelautan danPerikanan.

Sigit, R.R. 2016. Konservasi Hiu dan Pari Manta: Kajian Strategi Komunikasi. WCS-IP. Wright Charles R. 1988. Sosiologi Komunikasi Massa,

Ed. Jalaluddin Rakhmat. Penerbit: Remadja Karya




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v3i1.665

Article Metrics

Abstrak views : 122 times
PDF views : 121 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats