KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MITRA PADA MASA TRANSISI PSBB

Arry Rahayunianto

Abstrak


Komunikasi adalah hal yang biasa dilakukan petugas layanan dalam memberikan layanan. Untuk keterampilan komunikasi ini haruslah dimiliki dan dikuasai dengan baik oleh setiap petugas pemberi pelayanan. Komunikasi sangat berperan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan mitra Bluebird pada masa transisi PSBB pada pelanggan klikindogrosir). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dan menggunakan teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, atau penentuan sampel menggunakan tujuan tertentu, dengan begitu sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 orang yang merupakan pengguna Klikindogrosir pada saat PSBB pertama di bulan April dan Mei 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji empiris pengaruh kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan pelanggan menunjukan t hitung 14.949dan p value (sig) sebesar 0,00 yang dibawah alpha 5% artinya ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian dapat menerima hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif antara kualitas komunikasi pelayanan publik dan kepuasan pelanggan nilai beta dalam unstandardized coefficients variabel kualitas komunikasi pelayanan publik menunjukan angka sebesar 0,854 yang artinya adalah besaran koefisien kualitas komunikasi pelayanan publik terhadap kepuasan mitra atau pelanggan adalah 85,4%.


Kata Kunci


Komunikasi pelayanan publik; Kepuasan; Transisi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar Saifuddin, Metode Penelitian, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2011

Freddy Rangkuti, Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2017)

Hendyat Soetopo, Perilaku Organisasi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Haryatmoko, Etika Publik, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2011

Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media, 2011

Ivonne Wood, Layanan Pelanggan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009

Nina Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: PT Graha Ilmu, 2013

Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Edisi Keempat, Jakarta: Salemba Empat, 2011

Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2011

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Jakarta: Kencana, 2013

Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010)

Sumber lain :

Www.bpn.go.id ,KepMenPAN 25Th 2004 Ttg Pedoman Umum Penyusunan IKM, Pdf, (di Akses Pada Tanggal 22 Desember 2020), hal 7-8.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v2i2.307

Article Metrics

Abstrak views : 462 times
PDF views : 305 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats