HUBUNGAN PERSPEKTIF KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DENGAN KONFLIK INTERNAL DI DALAM ORGANISASI

Mohamad Irfan, Supriadi Supriadi

Abstrak


Dalam organisasi multikultural, akan ada komunikasi lintas budaya dalam kesehariannya. Hubungan sosial antar pegawai lokal dengan pegawai asing menimbulkan adanya pertukaran pesan, pertukaran pesan ini merupakan sebuah jembatan untuk menyatukan antar anggota karyawan didalam organisasi tersebut, tanpa adanya proses komunikasi ini, maka akan sangat sulit dicapai target kerja dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan perspektif komunikasi lintas budaya dengan konflik internal didalam organisasi Komunitas Hubungan Luar Negeri, dengan  menggunakan pendekatan interaksional. Metode yang digunakan adalah Metode Survei Eksplanatif (analitik), dimana populasinya adalah 150 karyawan. Sampelnya sebanyak 22 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, analisis data menggunakan tabel tunggal, coding sheet dan rumus regresi linear sederhana untuk melihat pengaruhnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji koefisien korelasi ( R ) antara variabel X yaitu perspektif komunikasi lintas budaya dengan variabel Y yaitu konflik internal didalam organisasi komunitas hubungan luar negeri didapat sebesar 0,084 dan koefisien determinasi R Square ( R² ) sebesar 0,007 atau 7%. Hal ini berarti Perspektif komunikasi Lintas Budaya berpengaruh terhadap terjadinya konflik internal didalam organisasi Komunitas Hubungan Luar Negeri.

 

 


Kata Kunci


Komunikasi Lintas Budaya; Konflik internal; Organisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, Burhan M. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Edisi ke-1. Jakarta. Rawamangun, Kencana.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Shoelhi, Mohammad. 2015. Komunikasi Lintas Budaya dalam Dinamika Komunikasi Internasional. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Syah, Dedi Kurnia. 2016. Komunikasi Lintas Budaya Memahami Teks Komunikasi, Media, Agama, dan Kebudayaan Indonesia. Bandung. Simbiosa Rekatama Media. Perusahaan. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyudi. 2017. Manajemen Konflik dan Stres dalam Organisasi Pedoman Praktis bagi Pemimpin Visioner. Bandung. Alfabeta.

Wirawan. 2009. Konflik dan Manajemen Konflik. Jakarta. Salemba Humanika.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v2i1.304

Article Metrics

Abstrak views : 808 times
PDF views : 418 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats