PENGGUNAAN TRANSIT ADVERTISING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI
Abstrak
Media periklanan memiliki jangkauan yang luas serta unsur hiburan yang mendukung dalam proses pembentukan kesadaran merek. Saat ini sudah banyak inovasi mengenai iklan, tidak hanya dalam media elektronik, tetapi media cetakpun telah memiliki inovasi. Salah satunya Transit Advertising yang merupakan iklan media cetak sticker yang di tempatkan pada luar bagian alat moda transportasi maupun tempat umum lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan teori Minat menurut Slameto, teori ini berasumsi bahwa minat adalah rasa ketertarikan seseorang pada suatu hal yang menjadi kebutuhannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas penggunaan transit advertising pada moda transportasi MRT dalam meningkatkan minat pembelian Le Minerale di kalangan pengguna MRT, cukup efektif yang artinya menganggap iklan transitcukup efektif sebagai media yang digunakan untuk meningkatkan minat pembelian Le Minerale. Dari indikator pesan, visual, ukurran dan dominasi, zoning, efek tampilan dan medium pengingat brand, responden menganggap transit advertising cukup efektif dalam menjalankan tugasnya sebagai media dalam meningkatkan minat pembelian (Le Minerale) di kalangan pengguna MRT.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin, Anwar. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda.
Cangara, Hafied.2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo. Cultip, Scott M. 2009. Effective Public Relation.Jakarta: Kencana.
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
M Subana & Mersetiyo Rahardi & Sudrajat. 2015. Statistik Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Martono, Nanang. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendekia.
Suhandang, Kustadi. 2010. Periklanan : Manajemen, Kiat dan Strategi, Bandung : Nuansa.
Tasruddin,Ramsiah.2011. Strategi Periklanan Dalam PerspektifKomunikasi Pemasaran.Makasar: Alauddin University Press.
Tassakka, Riniyanti P. 2011. Analisis Kegiatan Marketing Public Relations Dalam Rangka Membangun Brand Awearness (Studi Kasus Pada Produk Mcafee di PT. Transition Systems Indonesia. Depok
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v2i1.303
Article Metrics
Abstrak views : 1774 times
PDF views : 930 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 1774 timesPDF views : 930 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.