Peran Humas Dalam Mengelola Manajemen Isu (Studi Kasus Pengelolaan Tenaga Asing Ilegal)

Chendi Liana

Abstrak


Isu merupakan sesuatu yang bersifat bertentangan atau yang menimbulkan polemik tentang seseorang (individu) atau sebuah organisasi. Isu bisa muncul dalam bentuk opini, yaitu pernyataan yang bisa dikemukakan melalui kata-kata, isyarat, atau cara-cara lain yang mengandung arti tertentu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan secara jelas dan terarah tentang temuan dilapangan berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap fenomena alamiah yang terjadi, dengan tipe penelitian studi kasus. Studi kasus bertujuan untuk memperoleh pemahaman utuh dan terintegrasi mengenai interrelasi berbagai fakta dan dimensi dari kasus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja RI memaknai isu sebagai rumor yang terkadang melanggar hukum dan fakta. Sekalipun ada fakta namun tidak dikonfirmasi. Humas hanya mau mengakui keberadaan dan merespon sebuah isu apabila telah ada konfirmasi. Adapun konsep identifikasi isu yaitu dengan cara merekam pemberitaan/kliping mengenai isu tenaga kerja ilegal. Analisis isu, Humas memberikan hasil kliping pemberitaan ke manajemen untuk dianalisis. Berdasarkan hasil analisis Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja RI, penyebab isu tentang tenaga asing ilegal  muncul akibat adanya ketidakpuasan pihak-pihak lain. Manajemen isu yang dilakukan Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja RI secara garis besar telah melaksanakan konsep-konsep strategi humas dalam manajemen isu yaitu identifikasi isu, analisis isu, merumuskan program dan aksi serta evaluasi hasil.

 


Kata Kunci


Manajemen isu; Peran Humas; Kementerian Tenaga Kerja RI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, M. Linggar. 2007. Teori dan Profesi Kehumasan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Cutlip, Scott M., Allen H Center dan Glen M Broom. 2009. Effective Public Relations, edisi kesembilan. terjemahan Tri Wibowo, B.S., Jakarta: Kencana Preanada Media Group

Doorley, Joh., Helio Fred Garcia. 2007. Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication, Routledge

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Sofian dan Masri Singarimbun. 2006. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES

Firsan, Nova. 2011. Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Frazier H. Moore Frazier H. 2004. Humas, Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Komala, Lukiata. 2009. Ilmu Komunikasi Perspektif, Proses, dan Konteks, Bandung : Widya Padjajaran.

Khasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations Konsep & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Grafiti.

Kriyantono, Rachmat, 2015. Public Relations, Issue & Crisis Management : Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

_________, 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Advertising, Public Relations, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mantra, Ida Bagus. 2008. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Muhammad, Arni. 2008. Komunikasi Organisasi, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngalimun, 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Baru Press

Panji, Yearry. 2011. Modul Penelitian Komunikasi, Jakarta: Univ. Mercu Buana.

Pace, R. Wayne Pace & Don Faules, 2011. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Alih Bahasa: Deddy Mulyana, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2009. Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

-----------------, 2009. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabetha.

________, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Soemirat, Soleh, dan Elvinaro Ardianto, 2005. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Soedarsono, Dewi K., 2009. Sistem Manajemen Komunikasi Teori, Model, dan Aplikasi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Toha, Miftah. 2009. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Tubbs, Stewart L., dan Sylvia Moss, 2005. Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi, Edisi Kedua, Pengantar : Deddy Mulyana, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuliana, Nina. 2014. Media Relations. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v2i1.298

Article Metrics

Abstrak views : 7155 times
PDF views : 4596 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats