Opini Pengunjung Dieng Culture Festival Tentang Destinasi Pariwisata Dieng

Manik Sunuantari

Abstrak


Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan datang ke Indonesia, maka pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata beserta Pemerintah Daerah harus melakukan berbagai strategi untuk menarik wisatawan datang mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pokdarwis Pandawa Dieng adalah menyelenggarakan kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) untuk menarik wisatawan luar dan domestik mengunjungi Dieng. Penelitian ini menggunakan model komunikasi AIDA, yaitu attentianjnterest, desire, action. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sampel yang yang diambil sebanyak 97 responden, dengan kriteria pengunjung DC F yang membeli tiket masuk penyelenggaraan DCF, yaitu yang menonton seluruh rangkaian acara DCF. Lokasi Penelitian di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah yang terletak antara Wonosobo dan Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeloaan destinasi wisata Dieng dinilai baik oleh pengunjung DCF Peneitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dalam penyelenggaraan DCF tahun berikutnya, sehingga tahun yang akan datang akan memberikan konsep aktivitas yang berbeda dari tahun sebelumnya.

 


Kata Kunci


DCF; AIDA; Pokdarwis

Teks Lengkap:

PDF


DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v1i1.201

Article Metrics

Abstrak views : 238 times
PDF views : 231 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats