STRATEGI DIGITALISASI EKONOMI KERAKYATAN

I Made Chandra Mandira, Putu Sri Arta Jaya Kusuma

Abstract


Dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 Indonesia mengalami bonus demografi di tahun 2030 sehingga harus memanfaatkan momentum apabila tidak ingin mengalami kemunduran demografi. Digitalisasi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjadi hal penting untuk bekal menyongsong era tersebut. Tujuan kajian ini adalah menganalisis kebijakan dan strategi digitalisasi yang dilakukan pemerintah dalam mempersiapkan ekonomi kerakyatan menghadapi era digitalisasi. Metodenya menggunakan studi pustaka dan kajian literatur. Sinergi antar Kementerian/Lembaga dan Stakeholders berperan penting dalam digitalisasi ekonomi kerakyatan. Universitas dapat menjadi perantara pelaku usaha dengan Kementerian/Lembaga dan stakeholders dalam proses digitalisasi. Universitas memfasilitasi, mengedukasi, dan mewakili; kemampuan teknis menjadi fokus seluruh elemen Kementerian/Lembaga dan stakeholder dalam digitalisasi ekonomi kerakyatan menuju keberlanjutan ekonomi. Strategi utama yang mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dapat menjawab serta mengguanakan keunggulan kompetitif berupa strategi diferensiasi, inovasi dan operasional menjadi jawaban dari resiliensi UMKM guna pemulihan ekonomi nasional.


Keywords


Strategi, Digitalisasi, Ekonomi Kerakyatan, UMKM

Full Text:

11-22


DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633

Article Metrics

Abstract views : 1361 times
11-22 views : 1265 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats