ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN

Taufiq Budi Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen PT Vacuum Pumps Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner terhadap 67 orang pegawai bagian pemeliharaan teknik dan wawancara terhadap responden yang berhubungan langsung dengan operasional mesin beserta pemeliharaannya. Penelitian menggunakan Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Square untuk mengukur persepsi konsumen mengenai kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas konsumen secara kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Begitu pula kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen.


Keywords


Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Partial Least Square

Full Text:

139-148


DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v4i2.367

Article Metrics

Abstract views : 471 times
139-148 views : 373 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats