Pengaruh Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Responsibility

Windasari Rachmawati, Abdul Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh corporate governance dan profitabilitas terhadap Islamic Social Responsibility (ISR). ISR adalah indeks standar pelaporan kinerja sosial perusahaan berbasis syariah sebagai perluasan standar pelaporan kinerja sosial yang meliputi harapan masyarakat tidak hanya mengenai peran perusahaan dalam perekonomian, tetapi juga peran perusahaan dalam perspektif spiritual. Populasi penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah di Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Corporate governance diukur dengan indikator jumlah dewan komisaris dan dewan pengawas syariah. Profitabilitas diukur dengan indikator Return on Assets. ISR diukur dengan indikator Islamic Social Index. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap pengungkapan ISR pada bank umum syariah di Indonesia. Direkomendasikan agar penelitian selanjutnya memperdalam analisis dengan faktor-faktor determinan lainnya pada periode waktu yang lebih panjang.


Keywords


Corporate Governance, Return on Assets, Islamic Social Responsibility.

Full Text:

PDF

References


Farook, S. Z., & Lanis, R. (2005). Banking on Islam? Determinants of CSR Disclosure. Proceedings on International Conference on Islamic Economics and Finance.

Farook, S. (2007). On Corporate Social Responsibility of Islamic Financial Institutions. Islamic Economic Studies, 15(1).

Fitria, S. & Hartanti, D. (2010). Islam dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi 13-Purwokerto.

Forum Corporate Governance Indonesia. (2001). Corporate Governance: Tata Kelola Perusahaan. Edisi Ketiga: Jakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure : An Islamic Perspective. Indonesian Management Research, 128-146.

Khoirudin. (2013). Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 2(2).

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Sharia-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies. 12.

Peraturan Bank Indonesia No. 11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Rita R., Arifin, B., Hamdani, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1).




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.136

Article Metrics

Abstract views : 599 times
PDF views : 361 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats