Pengaruh Pendidikan, Ukuran Usaha, dan Lama Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi

Dewi Anggraini, Jhon Daniel Thorp

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan, ukuran usaha dan lama usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Slovin sehingga diperoleh 63 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan, Ukuran Usaha, dan Lama Usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Pendidikan dan lama usaha secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Ukuran Usaha berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan Informasi Akuntansi. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keseluruhan variabel independen yaitu pendidikan, ukuran usaha, dan lama usaha memiliki kontribusi secara bersama-sama sebesar 77% terhadap variabel dependen yaitu penggunaan informasi akuntansi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Keywords


Pendidikan, Ukuran Usaha, Lama Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Anjani, W. P. (2018). Pengaruh Usia, Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan dan Kompleksitas Tugas Terhadap Efektifitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(3).

Asmie, P. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di kota Yogyakarta. Tesis. Yogayakarta: Universitas Gajah Mada.

Belkaoui, A. R., (2006). Teori Akuntansi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, K. M. (2018). Skala Usaha dan Umur Usaha Yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Akuntansi. Jurnal Pundi, 2(3).

Fitriyah, H. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Menengah Kabupaten Sidoarjo. Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Handayani, D. B. (2011). Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntabilitas. 1(1).

Holmes, S. N. (1989). An Analysis of The Use of Accounting Information By Australian Small Business. Journal of Small Business Management.

Ihsan, F. (2011). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Standar Akuntansi Keuangan. Efektif Per 1 Januari 2019. Jakarta: Salemba Empat.

Knutson, D. L. & Wiehman, H. (1985). The Issues of Differential Accounting Treatment for American Small Business Management Forum.

Nahar, A, & Widiastuti, A. (2011). Analisis Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Industri Menengah di Kabupaten Jepara. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan.

Nirwana, A. (2019). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Skala Usaha dan Lama Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM di Kecamatan Ciawi Gebang. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 5(1).

Novianti, D. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, Umur Usaha dan Skala Usaha Pelaku UMKM Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi di Kecamatan Purwokerto Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 20(3).

Nurhayati, E. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Kuningan. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 1(1), 29-35.

Seftianne & Handayani. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 13(1), 39-56.

Suwito, E. & Herawaty, A. (2005). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba yang dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.

Veronica, S. & Utama, S. (2005). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance terhadap Pengelolaan Laba (Earnings Management). Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.134

Article Metrics

Abstract views : 1640 times
PDF views : 872 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats